English for Young Learners! (Catatan Tentang Kegelisahan Guru Bahasa Inggris di Tingkat SD)


Jangan pernah sekalli kali menggunakan prinsip “how about English”, tapi gunakanlah “How about using English.!”..

Itulah beberapa ungkapan yang sebaiknya diterapkan oleh guru guru bahasa inggris. Khususnya guru Bahasa Inggris untuk Sekolah Dasar. Dibutuhkan kreatifitas dan kerja keras ekstra. Ditambah dengan keadaan sekolah dan murid yang memiliki motivasi belajar yang rendah.

Banyak sekali PR yang harus segera di laksanakan oleh seorang guru Bahasa. Bahasa adalah keterampilan untuk berkomunikasi dengan orang lain. Terlepas dari bahasa Ibu anak, kita harus mengajarkan bahasa lain yang menunjang komunikasi bagi anak. Sebegitu pentingnya peranan bahasa untuk anak membuat seorang guru dituntut cakap dan profesional dalam pengelolaan kelas dan penyampaian bahan ajarnya..

Guru bahasa inggris sekarang ini, banyak yang mengajarkan cenderung text oriented. Banyak guru yang mengajarkan sebatas penyelesaian materi dalam sebuah buku. Tanpa memperhatikan manfaat dan penggunaan dalam bahasa anak sehari hari. Banyak guru yang mengejar target agar anak mampu menjawab soal soal dalam bentuk pertanyaan bahasa inggris. Hanya mampu menjawab dalam soal soal ujian, tanpa diiringi oleh penggunaan bahasa anak yang sering dipakai.

Dilematis memang, ditengah kurikulum yang tidak memihak kepada anak, juga guru guru yang tidak mengerti betul bagaimana cara penyampaian pembelajaran bahasa inggris. Apabila kita kaji kurikulum bahasa inggris SD, banyak sekali kejanggalan dan pemaksaan terhadap daya pikir dan kreatifitas anak. Coba saja bayangkan, bahasa inggris (tahap pengenalan) sudah diajarkan sejak kelas 1 SD.! Namun materi yang di ajarkan adalah tentang padanan kosa kata yang menuntut tata bahasa yang benar, dan kalimat percakapan sederhana yang harus dihapal siswa. Ini gila..! Terkadang saya suka menelan ludah sendiri apabila sudah melihat materi yang diajarkan seperti itu.

Bukankah dunia anak adalah dunia bermain..? Kita jangan memaksakan anak untuk memahami materi bahasa inggris yang demikian rumit dan jelimet. Ingat, anak SD usia rendah cukup mengenalkan kata kata yang sering di jumpai dalam kehidupan sehari hari anak, bukan mengajarkan bagaimana membentuk sebuah kalimat dengan tata bahasa./grammar yang tepat..! Bisa bisa anak menangis karena kebingungan yang luar biasa. Bukannya mengembangkan pola pikir siswa, tapi guru bisa mematikan siswa…! dan menjadikan pelajaran bahasa inggris ebagai momok yang menakutkan..!

Tuntutan kurikulum yang mengharuskan pelajaran bahasa inggris ada sebagai muatan lokal dari kelas 1 SD, membuat pihak sekolah mengemban tanggung jawab besar. Pihak sekolah mau tidak mau memenuhi permintaan masyarakat (orang tua siswa) untuk mengajarkan bahasa inggris dari kelas 1-6. Akhirnya berbagai macam cara dilakukan, termasuk dengan pengangkatan dan penugasan guru guru bahasa inggris SD yang tidak sesuai profesinya. Banyak guru guru yang tidak memahami bahasa inggris, harus dipaksa untuk mengajarkan tahap pengenalan awal English kepada siswa. Akibatnya, banyak guru yang salah dalam pembelajaran. Saya pernah menemukan ada guru bahasa inggris yang menyebutkan kata “The” dengan bacaan “tee..” ?!!@#$%%^&*

Ini tugas kita bersama.. tugas bersama untuk membenahi sistem pendidikan yang sudah berlangsung kusut ini. Jangan kita biarkan sistem pengelolaan pendidikan yang mengakibatkan anak takut dan malas untuk berangkat ke sekolah. Karena anak menganggap bahwa sekolah adalah tempat yang membosankan dan menjemukan. Setiap hari harus terkungkung dalam sistem dan pola belajar yang monoton, tidak menarik, dan tidak terasa manfaatnya dalam kehidupan sehari hari. Khususnya dalam pembelajaran Bahasa Inggris kelas rendah dan tinggi (English for young learners)…

Selesai

(salah satu bentuk curhatan guru bahasa inggris yang melihat carut marutnya pembelajaran bahasa inggris di tingkat sekolah dasar)..

miris..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s